IHT PENGEMBANGAN RPP BERKARAKTER ABAD 21 DAN PENILAIAN SOAL HOTS PROGRAM SMA RUJUKAN TAHUN 2018
In House Training (IHT) Pengembangan Sistem
Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Pengembangan RPP Berbasis Keterampilan 4C
(Abad 21)
1.
Tempat dan
Waktu
Dilaksanakan selama 3 hari di Gedung
Pertemuan (AULA) SMA Negeri Surulangun, pada hari Senin s.d Rabu, 30 Juli s.d 1
Agustus 2018
2.
Narasumber
Sebagai narasumber kegiatan ini adalah Bapak
Baba Muhammad Khotomi, S.Kom (LPMP Provinsi Sumatera Selatan) dan didampingi
oleh Bapak Fitriyanto, M.Pd (SMAN Surulangun) sebagai Instruktur Nasional (IN)
dan didampingi oleh Bapak Drs. Mardansah, M.Pd (Koordinator Pengawas SMA
Provinsi Sumatera Selatan).
3.
Peserta
Peserta kegiatan ini adalah Kepala sekolah,
pengawas dan Perwakilan Guru dari Sekolah Imbas (SMAN Karang Dapo, SMAN
Bingin Teluk, SMAN Karang Jaya, SMAN Nibung dan SMAN Muara Kulam).
4.
Tujuan
Kegiatan
Tujuan Kegiatan ini diharapkan Sekolah dapat
mengimplementasikan system penjaminan mutu, memaahami indicator-indikator mutu
yang ada kaitan dengan kondisi sekolah saat ini, selanjutnya adanya
kesenjangan-kesenjangan tersebut dibuatlah program-program yang akan
dilaksanakan di masa mendatang yang nantinya dituangkan dalam Rencana Kerja dan
Anggaran Sekolah (RKAS) yang akan datang. Adapun pembelajaran abad 21
mencerminkan empat hal. Critical Thinking and Problem Solving, Creativity
and Innovation, Communication, dan Collaboration. Setiap kelompok tim teaching
mata pelajaran menelaah kekurangan pada RPP yang telah dibuat kemudian
disempurnakan dalam diskusi kelompok.
5.
Panitia Kegiatan (TIM Pelaksana Program SMA Rujukan SMAN Surulangun)
6.
Foto
Kegiatan (Terlampir)
7.
Hasil
Kegiatan
Melalui IHT ini diharapkan semua guru
memiliki Sasaran Mutu jelas dan
spesifik, Lembaga Pendidikan akan mengetahui target & arah yang hendak
dituju. Dengan adanya sasaran mutu yang SMART, masing-masing unit kerja akan
dapat menyusun program kerja yang sesuai, dan dapat menetapkan kebutuhan sumber
daya (resources). dalam proses belajar mengajar bisa
menerapkan sistem pembelajaran berkarakter sehingga karakter siswa bisa terbentuk,
prestasi siswa bisa meningkat dan bisa melahirkan siswa yang unggul.
Komentar
Posting Komentar